Tips Cara Membuat Bakso Sapi kenyal dan Enak


Tips Cara Membuat Bakso Sapi kenyal dan Enak | Selamat datang di idekreasi.com. Jika anda berencana belajar memasak membuat bakso, maka artikel berikut ini semoga bisa menjadi bahan referensi anda untuk membuat bakso yang kenyal dan lezat.
Dulu sewaktu saya masih kecil bakso merupakan jenis makanan yang eksklusif, setara derajatnya dengan sate. Maklum, jaman susah masih langka uang, jadi jarang sekali bisa jajan makanan yang satu ini.

Cara Membuat Bakso
bakso granat pedas
Sekarang ini ada begitu banyak jenis bakso yang bisa kita temui di hampir semua tempat di Indonesia. Bahan pembuatnya juga ditambahi macam-macam, tidak melulu daging sapi. Ada bakso ikan, ada bakso tahu, ada bakso urat sapi dan lain sebagainya.
Tiap daerah di Indonesia pada umumnya mempunyai ciri khas bakso tersendiri dan biasanya dinamai dengan daerah asalnya. Contohnya seperti bakso malang, bakso wong solo, bakso granat jogja, bakso palembang, dan bakso lapangan tembak senayan.

Tetapi ada juga penamaan bakso yang disesuaikan dengan ciri khasnya. Misalnya bakso urat sapi, bakso klenger suroboyo (dinamakan klenger karena bikin perut dan mulut lelah mengunyak oleh sebab ukuran baksonya yang super jumbo), bakso granat pedas, bakso ikan, dan lain sebagainya.
Baiklah, mungkin anda sudah pernah mencicipi jenis-jenis bakso yang saya sebutkan di atas, atau malah lebih komplit lagi. Tapi tahukah anda cara membuat bakso-bakso seperti di atas yang enak, kenyal, dan empuk ?

cara membuat bakso tahu
bakso malang

Baiklah, langsung saja tanpa banyak pembuka kita bahas resep dan cara membuat bakso sapi secara simpel dan mudah.


Bahan utama yang digunakan adalah daging sapi yang digiling atau dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya. Yang agak ribet adalah saat mengatur takaran antara daging dengan tepung kanjinya. Dengan pertimbangan menekan biaya produksi pedagang bakso biasanya lebih banyak takaran tepung kanji dari pada daging baksonya.

Jika anda bikin sendiri bisa menyesuaikan kekenyalannya sesuai dengan yang diinginkan. Ataupun jika ingin daging sapinya lebih banyak dari tepung kanji juga bisa. Intinya silahkan bereksperimen untuk memperoleh takaran dan kekenyalan yang sesuai selera anda.


Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak

Bahan dan bumbu membuat bakso sapi:

50 gr tepung sagu/kanji

350 gr daging sapi

4 siung bawang putih

1/2 sdt merica

100 cc air es

3 sdt garam

1 butir telur

bakso urat sapi
bakso urat sapi
Bahan untuk membuat kuah bakso:

2 btg daun bawang, iris

6 siung bawang putih

3 sdt garam

2 ltr air

1/2 sdt merica

600 gr lutut/tulang sapi


Cara Membuat kuah Bakso:


Haluskan bawang putih, garam dan merica. Didihkan air dengan isi bumbu tersebut dan tulang. Masak hingga mendidih, lalu saring.

Bahan pelengkap:

Bawang goreng

150 gr mie kuning basah

Tahu goreng

Pangsit goreng


Cara membuat bakso sapi:

Haluskan bawang putih, garam dan merica. Giling daging hingga halus.

Campurkan dengan tepung sagu, bumbu dihaluskan sebelumnya, air es dan telur. Aduk hingga rata.

Panaskan air hingga mendidih, jika sudah mendidih matikan apinya.

Ambil adonan bakso dan bentuk bulat-bulat sesuai dengan selera.

Celupkan dalam air rebusan, lakukan sampai habis.

Nyalakan kembali apinya dan masak hingga baksonya mengapun dan itu adalah tanda sudah matang. Angkat dan tiriskan.
Cara penyajiannya siapkan mangkuk, masukkan mie kuning basah dan bakso.

Tuangi dengan kuah bakso yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian taburi dengan bawang goreng dan daun bawang.

Tambahkan bahan pelengkapnya lainnya seperti pangsit dan tahu goreng.
Sekarang bakso sapi sudah siap untuk disajikan.


Demikianlah uraian tentang Resep Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak beserta kuah spesial yang dapat saya bagikan. Seiring berkembangnya zaman maka macam dan cara pembuatan bakso pun saat ini sudah punya beragam bentuk dan isi. Di antaranya anda mungkin sudah pernah mendengar Bakso Dunia, Bakso tenis, bakso mangkok yang ukurannya jumbo sebesar mangkok itu sendiri. Bahkan pernah saya membeli satu dan tidak sanggup menghabiskannya. Duh, sayang dan eman banget rasanya.

Nah, berikut ini saya sajikan alternatif lain cara membuat Bakso pentol yang kenyal dan lezat.

Cara Membuat Bakso yang Kenyal dan Lezat


Bahan dan bumbu yang diperlukan:
1 sdt untuk lada bubuk putih
es batu sekitar 50 gram
daging sapi sebanyak 500 gram, giling halus
100 gram tepung kanji
telur ayam sebanyak 1 butir
250 gram bawang putih, haluskan

Bahan untuk membuat kuah bakso:
250 gram bawang putih, kupas dan haluskan
tulang sapi secukupnya saja
3 liter air bersih
lada bubuk putih, garam dan tidak ketinggalan gula pasir
1 sdt untuk pala bubuknya

Cara membuat kuah bakso :
Rebus tulang sapi sampai mendidih
masukkan bahan seperti bawang putih dan semua bahan lainnya.
Masak sampai matang.

Bahan pelengkap bakso lezat :
kecap manis dan saus tomat
bihun/mie soun, direbus sebentar
mie kuning yang direndam di air panas, lalu tiriskan
pangsit goreng, daun seledri, bawang goreng, saus pedas

Cara membuat bakso kenyal:
Daging sapi dicampurkan dengan semua bahan kecuali dengan tepung kanji, lalu giling/haluskan dengan mesin giling ataupun blender.
Kemudian barulah masukkan tepung kanji tapi perlahan saja sambil diaduk-aduk.
Tuangkan adonan bakso tersebut pada baskom/wadah besar, silahkan anda ambil sedikit adonan dan bikin jadi bulat-bulat.
Rebus bakso yang sudah dibikin bulat tadi pada air mendidih, rebus sampai mengapung dan matang.
Nikmati bakso tersebut dengan bahan pelengkap, yaitu tata mie soun dan mie kuning di mangkok. Masukkan pentol baksonya dan beri daun seledri. Selanjutnya siram pakai kuah deh.
Taburi bawang goreng dan pakai saus tomat beserta pelengkap lainnya.

Tips bikin bakso enak dan kenyal


Kalau mau membuat bakso yang kenyal seperti yang dijual di warung bakso pinggir jalan maka usahakan pakai daging segar. Jika itu masih gagal, coba gunakan  'obat bakso' seperti STP atau Sodium Tripoly Phospat. Ini adalah yang biasa dilakukan di tempat penggilingan daging di pasar yang mana mereka selalu menambahkan 'obat bakso' atau bahan poly powder.
Dari segi harga katanya lebih murah dibanding bahan lain. Dari segi keamanan, menggunakan poly powder jauh lebih baik dari pada bahan lain karena ia sudah termasuk dalam bahan yang ‘food grade’ atau masuk dalam standar bahan yang cocok untuk makanan. Berbeda dengan yang ‘non-food grade’ seperti boraks yang sejatinya bukan untuk makanan.

Jika anda tidak mau ribet, gunakan saja tepung bakso khusus yang didalamnya sudah  tercampur semua bahannya dan kita cukup mencampurnya saja dengan daging yang sudah digiling. Jadi tidak perlu ribet menakar. Kekurangannya kalau menggunakan bahan tepung jadi seperti ini adalah kita tidak bisa berkreasi dengan resep sendiri, hanya mengikuti resep orang lain.
 Penggunaan soda kue fungsinya untuk menghasilkan pori yang halus pada bagian dalam bakso ketika dibelah. Ini juga berguna agar bakso bisa dengan mudah menyerap kuah ke dalamnya sehingga ketika digigit akan semakin nikmat. Walau terkesan sepele tapi kalau anda membuat bakso dalam skala usaha sebaiknya tetap harus mmeperhatikan hal tersebut.

Tips lain : jika ingin menghasilkan bakso yang agak renyah maka diberi tambahan daging ayam, katanya lebih bagus dengan sedikit fillet dada ayam. Kira-kira perbandinganya 1 : 4 (1 untuk daging ayamnya dan 4 adalah daging sapinya). Sedangkan bagi penjual bakso sebenarnya cara ini dilakukan bukan hanya untuk tujuan tersebut, tapi untuk mengurangi biaya produksi dan keuntungan yang didapat juga lebih banyak.

Baca juga : Alternatif lain Bahan membuat bakso yang kenyal dan enak

Cara membuat bakso sapi, ayam dan ikan

  cara membuat bakso lezat



Pertama potong-potong dulu dagingnya agar mudah hancur saat diblender. Kemudian barulah dimasukkan dalam blender daging yang telah disiapkan. Usahakan giling hinggga betul-betul halus.
Berikutnya barulah masukkan bahan seperti bawang putih yang telah dihaluskan, putih telur, bawang goreng, garam dan sisa es batu. Lalu giling lagi hingga halus betul.
Selanjutnya tambahkan tepung sagu kering dan juga soda kue / baking powder. Kemudian lanjutkan menggiling adonan bakso hingga didapatkan hasil yang berbentuk pasta dan lembut.
Sekarang saatnya memasak. Caranya masak dulu air untuk merebus bakso yang telah dibentuk bulat, usahakan hingga mendidih dengan air yang agak banyak. Kalau dalam resep aslinya, setelah mendidih apinya dimatikan atau dinyalakan dengan api kecil saja. Tapi pengalaman saya malah kalau adonannya kurang sempurna bakalan menyatu, jadi saya nyalakan besar saja apinya.  Hanya saja kalau apinya dikecilkan bisa semakin baik hasilnya.

Cara membentuk bakso jadi bulat :
Caranya, celup dulu sendoknya di air dingin lalu ambil adonan agak banyak dan taruh di telapak tangan. Lalu, genggam adonan hingga keluar ke atas (dilubang yang terbentuk antara jadi telunjuk dan ibu jari). Kemudian tinggal ambil adonan bakso yang keluar tersebut menggunakan sendok yang juga telah dicelupkan di air es. Tinggal masukkan dalam air panas tadi. Lakukan ini hingga adonan terbentuk bulat semua, lalu biarkan dulu hingga semua bakso mengembang dan barulah dimasak dengan api besar hingga semua bakso matang sempurna sampai bagian dalamnya.
Terakhir, siapkan baskom dan isi dengan air dingin. Masukkan bakso yang telah matang ke dalam baskom tersebut dan tunggu hingga dingin lalu tiriskan. Selesai !!! bakso sudah jadi. Gampang kan?

Tips membuat bakso:


Untuk blendernya dalam resep bakso sapi ini baiknya gunakan blender daging khusus agar hasilnya lebih baik. Istilah untuk alatnya adalah FP atau Food Processor. Biasanya bentuk baling-balingnya lebih besar dan wadahnya lebih lebar dari blender biasa.
Jika memilih langsung memasak bakso yang telah dibentuk dengan api besar maka setiap kali ada bakso yang sudah mengambang dipisahkan dulu di tempat lain dan setelah semua proses pembentukan dan pemasakan awal selesai maka barulah dimasak ulang hingga betul-betul matang. Hanya saja cara seperti ini kurang baik pada bentuk tekstur permukaan bakso yang mana jadinya akan terlihat kasar. Berbeda kalau menggunakan air panas pada saat setelah adonan bakso dibentuk, karena permukaan baksonya akan terlihat halus dan lembut.

Membentuk bakso jadi bulat bisa juga menggunakan dua sendok yang salah satunya terisi adonan di bagian ujungnya dan satunya lagi menekan dan memisahkan adonan dari sendok. Atau kalau tidak mau repot bisa juga dengan cara dimasukkan dalam talang lebar berukuran 2 cm lalu dikukus agak lama, dan setelah jadi baru dipotong-potong kotak.
Kalau mau hasilnya lebih banyak maka bentuk saja menjadi bulatan kecil, selain itu, bentuknya yang kecil bisa bikin lebih mudah matang dan tidak perlu dipotong dulu ketika ingin dimakan.

bakso klenger
bakso klenger
Jika ingin bakso buatanmu mampu bertahan hingga 2-3 bulan dan tidak menjadi kering maka masukkan ke dalam freezer dengan sebelumnya di bungkus plastik atau dengan zipper bag. Atau jika ingin bertahan hanya seminggu sama maka cukup di bagian pendingin kulkas saja.

Resep bumbu Kuah Bakso:


Langkah selanjutnya setelah mengetahui cara membuat bakso sapi yang enak adalah membuat kuah bakso.
Bahan-bahan yang anda perlukan adalah bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam, merica bubuk, dan kalau ada pala bubuk juga bisa ditambahkan. Untuk lebih amannya jika anda pemula, silahkan tambahkan bumbu bakso dalam kemasan yang banyak dijual di pasar tradisional atau minimarket agar nantinya rasa tidak terlalu aneh.

Dan satu lagi resep khusus agar kuah bakso menjadi lebih enak lagi, yaitu kaki sapi dan tetelan daging. Kalau ada peralatannya tulangnya silahkan dibuat agak remuk biar semakin banyak mengeluarkan aroma khasnya saat dimasak. Anda bisa membeli kaki sapi dan tetelan daging ini di pasar tradisional. Kalau misalnya harganya terlalu mahal maka beli saja tetelannya dan bagian tulang yang lain.

Baca juga: Resep rahasia Bumbu kuah bakso Solo

Demikian resep dan cara membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat, juga cara membuat kuah bakso yang sedap dan beraroma mengundang selera makan. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuka anda dan keluarga anda. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Selamat memasak..